Perbedaan antara Hybrid IT dan Hybrid Cloud

31 May 2019
by Dewi

Meskipun hybrid IT dan hybrid cloud memiliki beberapa kemiiripan yang berbeda namun keduanya juga merupakan solusi bisnis IT yang berbeda. Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian, keuntungan dan tantangan dalam hybrid IT, maka untuk artikel ini akan membahas mengenai perbedaan antara hybrid IT dan hybrid cloud. Apa saja kah perbedaan antara keduanya? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini

Hybrid IT

Apa yang dimaksud dengan hybrid IT? Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, hybrid IT adalah sebuah pendekatan/ sebuah teknik yang mana sebuah perusahaan menggunakan layanan in-house maupun cloud based untuk melengkapi seluruh kumpulan sumber daya IT nya. Dalam artikel yang ditulis Fafel, tujuan dari hybrid IT sendiri adalah untuk menciptakan model pengiriman cloud yang menyediakan pengguna dengan alat yang mereka butuhkan ketika mereka membutuhkannya. Hal tersebut berarti pendekatan teknologi ini tentang mencapai kemampuan layanan cloud yang identik untuk seluruh infrastruktur anda.

Hybrid Cloud

Seperti yang sudah dijelaskan dalam paragraf di atas, hybrid cloud dan hybrid IT memiliki kesamaan namun berbeda. Menurut Fafel, perbedaan itu adalah bahwa hybrid cloud merupakan tipe arsitektur penyebaran cloud (cloud deployment architecture) yang terdiri dari setidaknya 2 lokasi geografis yang berbeda. Maksudnya adalah melibatkan on-premise private cloud yang terintegrasi dengan satu atau lebih cloud publik. Atau untuk lebih sederhananya adalah hybrid cloud merupakan kombinasi dari private cloud dan public cloud. Hybrid cloud menawarkan fleksibilitas yang disediakan oleh kemampuan mandiri atas permintaan cloud, sementara tetap mempertahankan kontrol penuh dan pengelolaan data dan aplikasi dengan penawaran yang diinginkan.

Referensi :

https://blog.wei.com/hybird-it-vs-hybrid-cloud-whats-the-difference

https://www.technopedia.com/definition/26637/hybrid-it