Perbedaan Antara Hybrid Cloud Vs Multi-cloud

03 Jun 2019
by Dewi

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa cloud computing kini makin populer dan berkembang semakin pesat karena telah banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika anda sudah akrab mendengar istilah cloud tersebut pasti tidak asing dengan istilah hybrid cloud atau pun multi-cloud. Apa yang dimaksud dengan keduanya? Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas sedikit mengenai hybrid cloud. Menyambung artikel sebelumnya, mari kita bahas perbedaan antara hybrid cloud vs multi-cloud. Tidak jauh berbeda, hybrid cloud dengan multi-cloud memiliki kesamaan namun berbeda.

Apa Itu Hybrid Cloud?

Hybrid cloud merupakan kombinasi infrastruktur on-premise (private cloud) dengan public cloud. Layanan hybrid cloud mengintegrasikan infrastruktur IT inhouse dengan produk dan layanan lain untuk memenuhi kebutuhan spesifik dan unik bisnis. Sedangkan menurut Balakrishnan dalam artikel yang ditulis Casey, hybrid cloud adalah perpaduan cloud lokal dan cloud pihak ketiga dengan orkestrasi di antara keduanya. Solusi cloud yang “tepat” untuk sebagian besar bisnis, tidak bersifat publik maupun pribadi (private) akan tetapi kombinasi keduanya, tambah Joy Su dalam artikel lainnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Multi-Cloud?

Sesuai dengan namanya, multi-cloud adalah perpaduan layanan cloud dari provider yang berbeda dengan atau tanpa adanya private cloud. Ada beberapa alasan kenapa suatu perusahaan memilih pendekatan multi-cloud ini beberapa diantaranya adalah  mengurangi resiko pemadaman. Sedangkan untuk kekurangannya adalah biaya yang lebih tinggi karena kompleksitasnya.

Sebelum anda memutuskan untuk memilih antara hybrid cloud atau multi-cloud, pahami terlebih dahulu pola dari keduanya seperti yang disebutkan oleh Linthicum dalam artikelnya :

Hybrid CloudMulti-cloud
Selalu menggabungkan private cloud dan public cloud seperti openstack private cloud dan AWSSelalu melibatkan 2 atau lebih public clouds seperti Google, AWS, dan Azure.
Data diperbaiki di dalam private cloud atau public cloudData diperbaiki di dalam public cloud provider.
Focus pada penggunaan cloud asli dan manajemen biayaFocus pada penggunaan cloud pihak ketika dan manajemen biaya.
Focus pada analitik kinerja asliFocus pada analitik kinerja pihak ketiga
Fokus pada dukungan alat ops asliFocus pada dukungan alat ops pihak ketiga

Jadi itulah perbedaan antara hybrid cloud Vs multi-cloud. Perlu diingat kembali, sebelum anda memutuskan untuk memilih mana yang terbaik diantara keduanya, perhatikan tabel diatas. Satu hal yang tidak kalah penting adalah sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan dari perusahaan anda.

Referensi :

https://www.technopedia.com/definition/15570/hybrid-cloud

https://www.techradar.com/news/what-is-multicloud

https://enterprisersproject.com/srticle/2017/7/multi-cloud-vs-hybrid-cloud-whats-difference

https://www.bms.com/blogs/hybrid-cloud-vs-multi-cloud-whats-the-difference

https://techbeacon.com/enterprise-it/multicloud-vs-hybrid-cloud-management-top-approaches-tools