On Cloud monitoring vs On-Premise Monitoring, Mana yang Tepat Untuk Anda?

01 Apr 2019
by Dewi

Monitoring jaringan (network monitoring) sangat penting untuk memantau bagaimana keadaan perangkat jaringan anda jika terjadi sesuatu sehingga anda dapat mengantisipasinya. Tentu kehadiran monitoring jaringan ini sangat membantu para network engineer dalam pekerjaannya. Berdasarkan lokasi penempatan software monitoring tersebut, terdapat 2 jenis monitoring jaringan yaitu on cloud monitoring dan on-premise network monitoring software. On cloud monitoring adalah. Monitoring berbasis cloud. Sedangkan on-premise monitoring software adalah perangkat lunak yang diinstal dan dioperasikan oleh pelanggan dari server in house dan infrastruktur komputasi. Manakah diantara keduanya yang harganya lebih efisien? On cloud monitoring atau on-premise monitoring? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai keduanya.

On Cloud Monitoring

Sesuai dengan namanya, On cloud monitoring adalah sebuah proses pemantauan, reviewing, dan pengelolaan proses operasional infrastruktur IT berbasis cloud.Administrator cloud dapat meninjau status operasional dan keadaan perangkat berbasis cloud apa pun. Tidak hanya itu, cloud monitoring ini juga sangat membantu untuk mengevaluasi kinerja seluruh infrastruktur pada tingkat modular. Network engineer mulai beralih ke On Cloud monitoring karena alasan kepraktisannya tersebut. Keuntungan apa saja yang anda dapatkan jika menggunakan cloud monitoring? Cloud monitoring memberikan beberapa keuntungan antara lain anda dapat mengakses jarak jauh platform anda dari perangkat apapun dengan kemampuan penelusuran, tidak hanya itu anda juga dapat mengelola solusi anda dengan lebih mudah, dan terakhir anda mendapatkan kemudahan dan kecepatan dalam mengkonfigurasikan nya. Sedangkan kekurangannya adalah anda tidak memiliki kendali penuh terhadap data yang anda miliki.

On-premise Monitoring

On-premise software juga disebut sebagai shrink wrap. Berbeda dengan on cloud monitoring, premise monitoring yaitu pelanggan harus menyediakan segala sesuatunya sendiri seperti perangkat keras, server in-house, lisensi perangkat lunak, staff IT, dan periode integrasi yang lebih lama serta bertanggung jawab atas keamanan dan manajemennya. Keuntungan yang didapat ketika menggunakan premise monitoring software adalah anda dapat mengontrol atas keamanan data dan kinerjanya yang dapat anda andalkan. Kekurangannya adalah biaya yang dikeluarkan menjadi tinggi dan tidak praktis.

Perbedaan keduanya dari segi harga yaitu cloud software dihargai berlangganan bulanan dan tahunan dengan tambahan biaya support, pelatihan dan pembaruan sedangkan premise monitoring dihargai dengan biaya lisensi satu kali dan tambahan biaya untuk support, pelatihan dan pembaruan. Jika anda ingin melihat harga mana yang lebih efisien diantara harga cloud monitoring vs on-premise monitoring, sebagai gambarannya berikut perbandingan biaya lisensi dari Ketitik dibandingkan dengan merk lainnya. Biaya ini belum termasuk biaya tidak langsung yang dibebankan ketika memilih on-premise, seperti server, listrik, ruangan, dll. Jumlah dalam diagram ini dalam mata uang rupiah.

Perbandingan harga on cloud monitoring vs on-premise monitoring dari Ketitik dengan brand lain.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan lebih efisien mana antara keduanya adalah tergantung pada kebutuhan anda. Jika anda membutuhkan monitoring yang fleksibel dan praktis maka on cloud lebih efisien. Sedangkan jika anda ingin membeli server ke vendor atau telah memiliki server sedang dalam kondisi tidak dalam penggunaan, maka on-premise dapat memenuhi kebutuhan anda. Dari data di atas, jelas sekali bahwa NetMonk dari Ketitik memiliki biaya yang lebih murah, tidak hanya itu tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan anda. Jadi jika anda membutuhkan monitoring berbasis cloud maupun on-premise, NetMonk, network monitoring application di Indonesia, akan memberikan layanan terbaik seperti yang anda butuhkan.

Referensi :

https://www.helpsystems.com/resourcesarticles/on-premise-vs-cloud-network-monitoring

https://www.technopedia.com/definition/29862/cloud-monitoring

https://www.technopedia.com/definition/26714/on-premise-software