Network Monitoring Analytics Platform Siap menghubungkan Dunia

14 Feb 2019
by Dewi

Sekarang ini, setiap aspek kehidupan membutuhkan sebuah jaringan. Tentu saja, pengguna menginginkan sebuah jaringan tanpa gangguan sehingga dapat dengan mudah menghubungkan mereka ke dunia. Jaringan tidak hanya tentang internet tetapi juga perangkat-perangkat seperti CPU, RAM, storage, mini-PCs. Beberapa masalah dalam jaringan memotifasi Ketitik untuk mengatur teknologi jaringan (network technology) menjadi lebih berguna, jadi Ketitik menyusun monitoring jaringan dan analytics platform.

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar ‘Ketitik’? Mungkin anda berfikir bahwa Ketitik berarti kembali ke titik atau perusahaan yang berspesialisasi dalam bidang menulis. Kata Ketitik terinspirasi oleh pepatah Jawa, “Becik Ketitik, Ala Ketara” yang berarti kebaikan akan muncul dan pasti dihargai, dan hal buruk yang tersembunyi akan muncul kemudian. Pepatah ini mengajarkan kami untuk tidak takut melakukan kebaikan, dan ini adalah poin penting bagi Ketitik.

Tim Ketitik tidak takut memulai sesuatu yang baru dan berani menjadi solusi untuk network engineers. Ketitik adalah network monitoring analytics platform yang bersedia mendengarkan keluhan tentang jaringan dan akan menyediakan solusi dengan aplikasi berbasis web (web-base application). Mulanya, Ketitik memiliki ide analytic network untuk Usee TV. Ketitik dapat mengetahui tentang data, perangkat, penggunaan Usee TV, hingga tahap pembuatan profil data pelanggan. Sekarang, ide tersebut sedikit berubah, dan berbeda dari apa yang Ketitik lakukan.

Setelah 1.5 tahun beroperasi, sekarang Ketitik memiliki 3 produk. Produk pertama adalah NetMonk, sebuah alat monitoring jaringan yang membantu network engineers untuk me-monitor perangkat-perangkat perusahaan. Produk kedua adalah SLA monitoring yang bertujuan untuk membantu perusahaan memonitor devices link uptime dan mengetahui tautan yang tersedia. Dengan SLA monitoring, perusahaan dapat memperkecil restitusi mereka. Produk ketiga adalah Node monitoring, yang dapat digunakan untuk perusahaan memonitor mini PC mereka. Ketitik juga dapat menjadi network consultant untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki masalah jaringan. Selain menyediakan solusi, Ketitik juga mampu mengurus alat-alat yang bermasalah, sehingga dapat digunakan secara optimal.

Ketitik’s Team

Bermula dari ide Haidlir Naqvi dan Doni Bahtiar di awal tahun 2017 Ketitik dibentuk menjadi sebuah start-up. Di pertengahan tahun 2017, tim Ketitik bertambah satu orang. Sampai tahun ini, Ketitik berkembang menjadi sebuah tim yang bersinergis. Tim Ketitik terdiri dari Doni Imam Bahtiar sebagai CEO, M. Gani Amri sebagai CTO (Chief Technology Officer), Zetil Himah sebagai CMO (Chief Marketing Officer), dan Haidlir Naqvi sebagai COO (Chief Operating Officer).

Sesuai dengan filosofi nama Ketitik, kami mengaplikasikan sebuah sistem kekeluargaan. Setiap anggota tim memiliki kebebasan memberikan opini dan ide. Alur kerja tidak menekan tim, jadi dapat membuat tim Ketitik menyediakan performa terbaik. Tim Ketitik tersebar di beberapa wilayah, tetapi hal tersebut bukanlah sebuah halangan. Tim Ketitik selalu berjuang untuk komunikasi yang baik dengan memanfaatkan fitur telekomunikasi untuk membagikan ide dan kemajuan pekerjaan.

Ketitik menangani beberapa masalah jaringan dengan menjadi konsultan. Hal ini memberikan aplikasi monitoring jaringan sebagai solusi untuk lima wilayah dari Telkom IT Division. Telkom IT Division memiliki tujuh wilayah di Indonesia. Wilayah yang belum pernah ditangai oleh Ketitik adalah Jawa Barat (wilayah ketiga) dan Jawa Tengah (wilayah keempat). Mimpi Ketitik belum selesasi di sini, ada beberapa ide yang butuh dikembangkan lagi untuk bisa terhubung ke seluruh dunia. Di masa yang akan datang, Ketitik ingin mengembangkan analytical products, sehingga dapat menjadi referensi untuk pengambilan keputusan perusahaan.

Jangan ragu untuk bertanya tentang jaringan dan perangkat kepada tim kami. Kami akan memberikan performa yang bagus dengan solusi yang akurat dan detil. Temui tim kami di Jakarta Digital Valley, Menara Multimedia lantai 6, Kebon Sirih Jalan No. 12, Gambir, Kota Jakarta, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10110, atau kirim pesan ke info@ketitik.com

Ditulis oleh Febi dan diterjemahkan oleh Dewi