Keuntungan Memonitoring Proaktif Jaringan IT

27 Jun 2019
by Dewi

Berinvestasi di bidang teknologi bagi pemilik bisnis merupakan investasi masa depan. Terlebih jika terjadi masalah seperti downtime dan lain sebagainya tentu dapat menjadi mimpi buruk bagi bisnis Anda. Karena hal tersebut, memonitoring jaringan secara proaktif dapat membantu anda untuk menghindari masalah tersebut menjadi besar atau bahkan lebih parah. Tidak hanya membantu Anda untuk melihat dan memonitoring jaringan IT maupun performa perangkat jaringan, tetapi juga ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah keempat keuntungannya.

1. Meningkatkan Reliabilitas (Keandalan)

Dengan proaktif monitoring (monitoring proactive), perangkat vital (vital equipment) dapat kembali ke fungsi yang optimal sebelum kerusakan melebar ke seluruh jaringan. Dengan mengidentifikasi dan mengoreksi masalah kecil secara cepat, keandalan perangkat dapat berkembang secara dramatis.

2. Meningkatkan Produktivitas

Keuntungan selanjutnya yang bisa anda dapatkan dari monitoring proaktif jaringan IT adalah dapat meningkatkan produktivitas. Ketika perangkat jaringan anda sedang mengalami masalah kecil seperti pencadangan gagal yang tidak terpantau, sistem antivirus yang tidak lagi diperbarui yang kedua permasalahan tersebut dapat mudah berkembang menjadi krisis jika dibiarkan tidak terkendali dan tidak dimonitor dengan baik. Hal tersebut menyebabkan gangguan layanan lebih lama dan gangguan waktu berhenti. Untuk itu, harus dilakukan pendeteksian dini. Deteksi dini ini memungkinkan professional IT untuk mengisolasi perangkat keras dan perangkat lunak yang menyebabkan jaringan bermasalah. Selain itu, dengan melakukan peningkatan peralatan yang sudah lama atau sudah tidak memadai  untuk meningkatkan kinerja harian.

3. Menghemat Biaya

Memonitoring secara proaktif sistem IT dapat membantu anda untuk menyelesaikan masalah sebelum masalah tersebut menjadi besar dan  diluar kendali ketika tidak ada budget yang dapat membuat biaya pemeliharaannya menjadi mahal. Tidak hanya itu saja, menentukan dan mengatasi masalah dalam jaringan dengan cepat juga dapat mengurangi waktu diagnostik dari jam ke menit dapat menghemat biaya yang besar

Referensi :

http://jfg-nc.com/3-powerful-proactive-monitoring-benefits-for-your-business/

https://tct.com.au/proactively-monitoring/