IPFIX Protocol Vs NetFlow

07 Jul 2019
by Dewi

IPFIX kependekan dari IP Flow Information Export. Protokol IPFIX (IPFIX protocol) diciptakan oleh IETF. Menurut artikel yang dimuat dalam pcwdld.com, IPFIX sendiri memiliki kemiripan dengan NetFlow yaitu memungkinkan network engineer untuk mengumpulkan informasi aliran dari perangkat jaringan seperti router, switch, dan lainnya yang mendukung protokol dan menganalisis informasi aliran lalu lintas (traffic flow information) yang dikirim melalui jaringan atau NetFlow analyzer. Namun disamping itu, IPFIX dan NetFlow memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? 

IPFIX Vs NetFlow

Dalam artikel lain dijelaskan bahwa, IPFIX memungkinkan bidang panjang variabel yang berguna jika Anda ingin mengekspor host HTTP, URL, atau pesan. Sebaliknya hal ini tidak bisa dilakukan oleh NetFlow. Tidak hanya itu, IPFIX dapat memungkinkan ID vendor untuk menentukan di mana tempat untuk menempelkan informasi kepemilikan ke dalam aliran dan mengekspor apa pun yang diinginkan. Rincian yang sama secara tradisional dikirim dengan syslog atau dikumpulkan melalui SNMP (simple network management protocol) dapat diekspor dalam IPFIX. 

Vendor-vendor yang mendukung IPFIX antara lain adalah sebagai berikut menurut pcwdld.com : Avaya, Barracuda Networks, Blue Coat, Cisco Systems, Citrix, Ecessa, Extreme Network, F5 Networks, Juniper Networks, NetASQ, Nortel, nProbe, Open vSwitch, Plixer, Solera, Saisei Networks, SonicWall, VMware, Xirrus, YAF, ZTE.

Referensi :

https://www.pcwdid.com/what-is-ipfix

https://www.whatisipfix.com/