Cara NetMonk Memonitoring Perangkat Jaringan

08 Aug 2019
by Dewi

Perangkat jaringan (network device) merupakan perangkat keras yang beroperasi dalam jaringan. Perangkat jaringan merupakan sebuah komponen yang membuat infrastruktur jaringan seperti halnya modem, router, dan switch. Bagi perusahaan yang memanfaatkan jaringan setiap harinya, pasti tidak asing dengan ketiga perangkat jaringan tersebut. Lalu bagaimana jika salah satunya rusak atau bahkan ketiganya bermasalah? Tentu jawabannya tidak lain dan tidak bukan, monitoring lah jawaban yang paling tepat. Jika artikel sebelumnya membahas tentang bagaimana NetMonk me-monitoring server, untuk artikel kali ini giliran kami untuk membahas bagaimana NetMonk memberikan solusi kepada Anda terhadap perangkat jaringan yang bermasalah. Berikut ini ada penjelasan lengkapnya.

Bagaimana Cara Kerja NetMonk?

Cara NetMonk, aplikasi monitoring jaringan, dalam me-monitoring perangkat jaringan sama saja dengan cara NetMonk me-monitoring server milik perusahaan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, NetMonk memanfaatkan 2 protokol yaitu simple network management protocol (SNMP) dan Internet Control Message Protocol (ICMP). Mari kita bahas satu persatu. Protokol SNMP merupakan protokol standar untuk memonitor perangkat jaringan. Tidak hanya itu, SNMP juga digunakan untuk melihat keadaan suatu perangkat. Sedangkan protokol ICMP digunakan untuk mengetahui apakah suatu perangkat dalam keadaan hidup atau mati. Dalam me-monitoring suatu perangkat jaringan, SNMP agent akan meminta data yang berupa status hidup dan mati, link utilisasi, CPU dan RAM storage. Langkah selanjutnya data tersebut dimasukkan ke database yang akan dianalisis di dashboard terkait perangkat terbaru maupun data historis. Berikut ini adalah tampilan dashboard NetMonk.

Lalu apa perbedaan NetMonk dalam me-monitoring server dan perangkat jaringan? Bedanya adalah sebelum NetMonk me-monitoring server, Anda harus menginstal SNMP daemon pada server sedangkan sebelum NetMonk memonitoring perangkat jaringan, SNMP harus sudah diinstal pada perangkat jaringan sehingga nanti tinggal dibuka aksesnya saja. Untuk Anda yang tertarik dengan solusi yang NerMonk, monitoring jaringan Indonesia, berikan silahkan hubungi ke customer care yang tertera pada website kami.

Referensi :

https://www.pcmag.com/encyclopedia.com/term/66760/network-device