Apakah Kampus Perlu Monitoring Jaringan?

08 Aug 2019
by Dewi

Kampus, sebagaimana yang kita tahu merupakan sebuah tempat untuk menuntut ilmu. Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk menunjang kebutuhan para mahasiswa nya. Salah satu fasilitas nya adalah wifi atau hotspot untuk mengakses internet yang sangat dibutuhkan para mahasiswa untuk mencari bahan skripsi, tugas dan lain sebagainya. Namun apakah performa jaringan yang ada selalu baik? Bagaimana jika performa jaringan yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka? Apa solusi yang tepat untuk mengatasinya? Apakah monitoring jaringan (network monitoring) merupakan solusi yang tepat? Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, berikut pendapat seorang mahasiswi di salah satu universitas ternama terkait performa wifi di kampusnya ditambah solusi untuk menanganinya.

Menurut Mutiara (21), mahasiswi Administrasi Niaga di salah satu Universitas ternama di daerah Jakarta yang sering memanfaatkan fasilitas wifi di kampusnya, mengatakan bahwa jaringan di kampusnya bagus namun hanya di lokasi tertentu saja seperti di perpustakaan. Tidak hanya itu saja, di waktu dan situasi tertentu juga mempengaruhi performa jaringan di kampusnya. “Jaringannya bagus tapi tergantung lokasinya, waktu kaya di pagi hari, sama situasi yang sepi mahasiswa. Di perpus jaringannya pengecualian sih, cepet banget.”

Muti juga menambahkan, biasanya penyebab jaringan internet di kampusnya buruk adalah ramai tidaknya orang yang menggunakannya. Jadi, jika suatu tempat sepi mahasiswa, jaringan internetnya lancar tanpa hambatan begitu pun sebaliknya. “Kalau penggunanya sepi, jaringannya kenceng tapi kalau banyak penggunanya, jaringannya ikut jelek. Kalau jaringannya udah jelek, ganggu banget pokoknya.”

Ketika ditanya pentingkah monitoring jaringan di kampusnya ia pun menjawab, “perlu, biar jaringannya kenceng.”

Jika dilihat dari perbincangan yang terjadi dengan narasumber di atas, performa jaringan internet yang kurang stabil dapat mengganggu aktifitas. Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan tersebut, dibutuhkan sebuah solusi yang tepat seperti monitoring jaringan (network monitoring). Salah satu alat monitoring jaringan (network monitoring tool) yang tepat yang bisa dijadikan pilihan adalah NetMonk, monitoring jaringan Indonesia. Dengan  NetMonk, wifi atau hotspot yang ada di kampus-kampus dapat di-monitoring seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Untuk mengetahui informasi selanjutnya mengenai produk NetMonk, aplikasi monitoring jaringan, bisa menghubungi ke customer care kami yang kontaknya terdapat pada website kami di sini.