5 Keuntungan Menggunakan Monitoring Jaringan

26 Apr 2019
by Dewi

Di perusahaan-perusahaan yang selalu memanfaatkan jaringan untuk kelancaran bisnisnya, pasti sangat membutuhkan IT atau network engineer untuk memonitor perangkat mereka terlebih ketika sedang mati atau bermasalah. Monitoring secara manual dan menunggu keluhan dari konsumen dahulu baru dilakukan tindakan, merupakan cara yang tidak efisien dan menghabiskan banyak waktu. Dikarenakan semakin banyaknya waktu yang digunakan, maka semakin banyak pula uang yang dikeluarkan sehingga konsumen anda akan merasa kurang puas. Solusi untuk permasalahan ini adalah anda harus mulai menggunakan monitoring jaringan (network monitoring). Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan network monitoring. Apa saja keuntungan-keuntungan tersebut? Mari simak 5 keuntungan menggunakan monitoring jaringan berikut ini.

1. Lebih Cepat Mengatasi Masalah

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pertama, memonitor jaringan secara manual akan sangat menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Kebalikannya, aplikasi monitoring jaringan dapat membuat permasalahan-permasalahan yang terjadi pada jaringan maupun perangkat jaringan yang mati dan abnormal traffic fluctuation (fluktuasi trafik abnormal) menjadi lebih cepat dan lebih mudah untuk di ketahui. Hal tersebut dikarenakan network monitoring software dapat mengidentifikasi masalah dan membantu anda untuk mengatasinya

2. Mengidentifikasi Ancaman Keamanan

Tidak hanya dapat mengidentifikasi permasalahan seperti matinya jaringan, alat monitoring jaringan juga dapat memberikan keamanan dan membantu untuk mengamankan data kritikal bisnis (business-critical data) yang anda miliki. Collin Mitchell dalam sebuah artikelnya mengatakan bahwa dengan memonitor jaringan, anda akan mendapatkan gambaran dari normal operating level. Setiap lonjakan pada level ini akan mengingatkan anda tentang adanya ancaman keamanan pada jaringan.

3. Terhindar dari Pemadaman Jaringan

Pemadaman IT (IT outages) biasanya terjadi yang diakibatkan oleh konfigurasi isu, kesalahan manusia sendiri, dan semua faktor lingkungan juga dapat berkontribusi. Pemadaman jaringan dilaporkan dalam salah satu artikel yang diterbitkan the Atlantic, dapat menelan biaya bisnis sekitar $22,000. Dengan menggunakan network monitoring, anda akan terhindar dari pemadaman yang dapat menyebabkan pembengkakan biaya dan lain sebagainya.

4. Mengelola Pertumbuhan dan Perubahan Jaringan yang Kompleks

Seperti yang kita tahu, teknologi merupakan sesuatu yang tidak stagnan alias perkembangannya terjadi terus menerus dan kompleks. Begitu pun juga halnya dengan jaringan yang berkembang sangat kompleks. Jadi, jika anda akan melakukan migrasi cloud (cloud migration), maka anda membutuhkan alat monitoring  (monitoring tool) yang juga fleksibel dan dapat diandalkan yang dapat melacak semua asset IP milik anda.

5. Membenarkan Perbaruan Perangkat

Selain dapat mengatasi masalah-masalah yang kerap terjadi pada jaringan seperti yang telah disebutkan di atas, monitoring jaringan juga dapat melihat history bagaimana performa perangkat jaringan yang anda miliki dari waktu ke waktu. Mitchel juga mengatakan dalam artikelnya, bahwa dalam beberapa kasus monitoring jaringan professional dapat memberikan informasi yang anda butuhkan untuk membenarkan perbaruan perangkat. Jika monitoring jaringan yang anda miliki tidak dapat melakukan aksi seperti ini, anda dapat menggunakan data dari monitoring jaringan anda untuk membuktikannya.

Itulah kelima keuntungan yang akan anda dapatkan ketika anda menggunakan network monitoring (monitoring jaringan). Netmonk, network monitoring in Indonesia, dari Ketitik juga merupakan salah satu pilihan aplikasi monitoring jaringan yang bisa anda jadikan pilihan untuk memonitor perangkat jaringan. Selain itu, Netmonk memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh alat monitoring lainnya. Jadi, apakah anda masih ragu untuk menggunakannya?

Referensi :

https://www.helpsystems.com/resources/artices/top-benefits-network-mmonitoring

https://www.monstertechnology.net/2018/03/05/6-undeniable-benefits-network-monitoring/