5 Keunggulan SLA monitoring

28 Feb 2019
by Dewi

Sekarang, layanan jaringan (network service) tumbuh dengan cepat. Seharusnya, perusahaan juga tahu bagaimana vendor dapat memberikan layanan berkualitas kepada pengguna.

SLA (Service Level Agreement) Monitoring biasanya memiliki pelaporan tertentu yang dapat membantu perusahaan untuk memperkecil waktu dibutuhkan untuk menciptakan atau menyusun informasi tentang status jaringan. Ketika sudah selesai, informasi pada status jaringan akan digunakan untuk menciptakan sebuah Service Label Agreement pada saat yang dibutuhkan secara cepat. Perusahaan harus memprioritaskan kegunaan dari SLA monitoring secara benar. SLA monitoring memiliki banyak keunggulan :

1. Mengukur Performa Jaringan

Untuk departemen jaringan komputer, sangat sulit untuk menyajikan data dalam bentuk dokumen, karena untuk departemen ini bagaimana jaringan tetap stabil, koneksi tidak bisa lambat dan turun.

Akan tetapi, akan berbeda jika berurusan dengan perusahaan yang harus malayani pelanggan. Tidak cukup hanya memiliki koneksi dan interkoneksi, tetapi sejauh mana SLA monitoring telah dicapai.

Service level agreement  digunakan untuk mengukur luasnya departemen jaringan komputer dalam perusahaan. Jika jaringan komputer sehat, maka bisnis perusahaan akan dimaksimalkan dan dapat mencapai ketersediaan tinggi.

2. Menghindari Kerugian

SLA monitoring juga dapat memaksimalkan perkembangan bisnis anda. Ketika data jaringan anda atau koneksi jaringan terganggu, operasi perusahaan macet secara otomatis karena mereka tidak dapat mengirimkan data atau melakukan pekerjaan yang memerlukan koneksi internet. Jika perusahaan anda dapat memberikan ketersediaan tinggi maka anda akan terhindar dari kerugian.

3. Indikator Kinerja

SLA monitoring juga memiliki indikator yang dirancang agar mudah dipahami oleh pelanggan. Sehingga meningkatkan kepuasan dan kualitas pelanggan tetap menjadi tujuan.

4. Mencegah Ketidakcocokan Harga

Terkadang, ada kondisi di mana pelanggan tidak mendapatkan layanan seperti yang dinyatakan oleh perusahaan. Dengan SLA, pelanggan bisa mendapatkan kompensasi dalam bentuk pengurangan biaya. Selain itu, pelanggan juga akan memahami bahwa network management service providers benar-benar yakin dengan kemampuan mereka untuk mencapai tingkat kinerja yang disepakati (agreed levels of performance).

5. Meningkatkan Kualitas

SLA monitoring adalah tindakan pengawasan atas jaminan layanan yang diberikan kepada klien. Secara otomatis, jika pelanggan atau klien merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka mereka akan merekomendasikan penyedia layanan untuk banyak orang dari mulut ke mulut dan akan jadi jauh lebih efektif, karena orang akan lebih percaya diri dengan saran langsung.

Ada banya keunggulan dari SLA monitoring sehinga dapat membantu perusahaan untuk memonitor ketersediaan dan performa aplikasi network monitoring. Ini akan memastikan anda mendapatkan nilai bisnis maksimum melalui IT network management yang lebih baik.

Di Indonesia, ada SLA monitoring yang dapat mewujudkan keunggulan-keunggulan ini dalam bisnis anda. SLA monitoring adalah produk dari Ketitik, Managed Service Network Application Platform di Indonesia. Ini akan membantu dengan detil dan maksimal sehingga perusahaan anda mencapai ketersediaan tinggi. Jangan ragu untuk bertanya, Ketitik siap melayani.

Ditulis oleh Febi dan diterjemahkan oleh Dewi